A.
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.9 Menganalisis
cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan
pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.9
Menyajikan
ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan
pembiasan pada cermin dan lensa
C.
Indikator
1.
Menjelaskan
prinsip
pembentukan -bayangan dan perbesaran pada kacamata,lup, mikroskop, teropong dan
kamera .
2.
Menganalisis
cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan
pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
3.
Membedakan pengamatan tanpa
akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat optik lup, mikroskop dan
teleskop.
4.
Merancang teropong sederhana dengan
menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan
terampil
5.
Membuat
teropong
sederhana dengan
menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan
terampil
6.
Menujukkan
rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan
7.
Menunjukkan
ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok
8.
Menggunakan
alat-alat optik untuk mengamati alam ciptaan Tuhan agar Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena
optik
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui kajian
referensi siswa dapat menjelaskan prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran
pada kacamata,lup, mikroskop, teropong ,dan kamera .
2.
Melalui
kajian referensi siswa dan diskusi kelompok dapat menganalisis cara kerja alat
optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan
cahaya oleh cermin dan lensa
3.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat membedakan
pengamatan
tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat optik lup, mikroskop, dan teleskop.
4.
Melalui diskusi kelompok siswa
dapat merancang teropong sederhana dengan
menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan
terampil
5.
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat membuat teropong sederhana dengan
menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan
terampil
6.
Mengembangkan
perilaku ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui kegiatan eksperimen
dan diskusi kelompok
7.
Menunjukkan
ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok melalui diskusi kelompok
8.
Menggunakan
alat-alat optik untuk mengamati alam ciptaan Tuhan agar Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena
optic
A.
Lembar
Pengamatan Sikap
1.
Pengamatan
Perilaku Ilmiah
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
|
1
|
Rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan eksperimen
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
Perilaku
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
|
1
|
Rasa ingin tahu (curiosity)
|
3: menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan
rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk
terlibat
|
|
2
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan eksperimen
|
3 : Prosedur
sesuai, hati-hati dalam melakukan Eksperimen
2 : Prosedur
sesuai, kurang hati-hati dalam melakukan Eksperimen
1 : Prosedur kurang sesuai, tidak hati-hati dalam
melakukan eksperimen
|
|
3
|
Ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu.
2: berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
|
4
|
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
|
3. aktif dalam
tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa
lain
2. aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan
gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
|
B.
Lembar
Penilaian Proyek
Topik :
Nama Proyek :
Waktu Pelaksanaan :
Nama Peserta didik :
Kelas :
|
No
|
Aspek
|
Skor
|
|
1
|
Perencanaan
:
a.
Persiapan
alat bahan
b.
Rancangan
Gambar Rancangan
Alur Kerja dan Diskripsi
Cara Penggunaan Alat
|
30
|
|
2
|
Produk
:
a.
Bentuk
Fisik
b.
Inovasi
|
50
|
|
3
|
Laporan
:
a.
Kebermanfaatan
Laporan
b.
Sistematika
Laporan
c.
Penuisan
Kesimpulan
|
20
|
|
Total Skor
|
100
|
|
Rubrik
Penilaian Proyek Pembuatan Teropong
|
No
|
Aspek
|
Rubrik
|
|
1
|
Perencanaan
:
a. Persiapan alat bahan
b. Rancangan
Gambar Rancangan
Alur Kerja dan
Diskripsi
Cara Penggunaan
Alat
|
10. Jika alat dan
bahan lengkap dan sesuai dengan gambar rancangan yang dipersiapkan
6. Jika alat dan
bahan lengkap tetapi kurang sesuai dengan gambar rancangan yang dipersiapkan
2. Jika alat dan bahan kurang
lengkap
20. Jika rancangan
terdapat gambar rancangan, alur kerja dan cara penggunaan alat yang sesuai
10. Jika rancangan
terdapat gambar rancangan, alur kerja dan cara penggunaan alat tetapi kurang
sesuai
5. Jika rancangan terdapat gambar
rancangan, alur kerja dan cara penggunaan alat tetapi tidak lengkap
|
|
2
|
Produk
:
a. Bentuk Fisik
b. Inovasi
|
30. Jika alat
sesuai rancangan, bisa digunakan dan bentuk fisik kuat dan kokoh
20. Jika
alatsesuai rancangan ,dan bisa digunakan
10.
Jika alat kurang sesuai rancangan tetapi bisa digunakan
20 . Alat dibuat
dari bahan yang ada lingkungan rumah, dan menarik
10. Alat dibuat
dari bahan yang ada lingkungan rumah, dan disain kurang menarik
|
|
3
|
Laporan
:
Kebermanfaatan Laporan
Sistematika Laporan
Penuisan Kesimpulan
|
20. Sistematika
laporan sesuai dengan kriteria, isi laporan bermanfaat dan kesimpulan sesuai
10. Sistematika
laporan sesuai dengan kriteria, isi laporan kurang bermanfaat, kesimpulan
kurang sesuai
5. Hanya satu
aspek yang terpenuhi
|
|
Total Skor
|
100
|
|






0 comments:
Post a Comment