Sunday, 17 November 2013

KI DAN KD OPTIK SMA


A.      Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.9  Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.9   Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa

C.      Indikator
1.       Menjelaskan prinsip pembentukan -bayangan dan perbesaran pada kacamata,lup, mikroskop, teropong dan kamera .
2.       Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
3.       Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat optik lup, mikroskop dan teleskop.
4.       Merancang teropong sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan terampil
5.       Membuat teropong sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan terampil
6.       Menujukkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan
7.       Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
8.       Menggunakan alat-alat optik untuk mengamati alam ciptaan Tuhan  agar Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena optik
D.      Tujuan Pembelajaran
1.       Melalui kajian referensi siswa dapat menjelaskan prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kacamata,lup, mikroskop, teropong ,dan kamera .
2.       Melalui kajian referensi siswa dan diskusi kelompok dapat menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
3.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat membedakan pengamatan tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat optik lup, mikroskop, dan teleskop.
4.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat  merancang teropong sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan terampil
5.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat membuat teropong sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa dengan terampil
6.       Mengembangkan perilaku ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok
7.       Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok  melalui diskusi kelompok
8.       Menggunakan alat-alat optik untuk mengamati alam ciptaan Tuhan  agar Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena optic










A.      Lembar Pengamatan Sikap
1.       Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan eksperimen




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Rasa ingin tahu (curiosity)
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok

2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan eksperimen

3 : Prosedur sesuai, hati-hati dalam melakukan Eksperimen

2 : Prosedur sesuai, kurang hati-hati dalam melakukan Eksperimen

1 : Prosedur kurang sesuai, tidak hati-hati dalam melakukan eksperimen
3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar

3. aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain

2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain

1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain


B.      Lembar Penilaian Proyek

Topik                             :
Nama Proyek                     :
Waktu Pelaksanaan :
Nama Peserta didik  :
Kelas                             :

No
Aspek
Skor
1
Perencanaan :
a.       Persiapan alat bahan
b.      Rancangan
Gambar Rancangan
Alur Kerja dan Diskripsi
Cara Penggunaan Alat
30
2
Produk :
a.       Bentuk Fisik
b.      Inovasi
50
3
Laporan :
a.       Kebermanfaatan Laporan
b.      Sistematika Laporan
c.       Penuisan Kesimpulan
20
Total Skor
100



Rubrik Penilaian Proyek Pembuatan Teropong
No
Aspek
Rubrik
1
Perencanaan :
a.       Persiapan alat bahan





b.      Rancangan
Gambar Rancangan
Alur Kerja dan Diskripsi
Cara Penggunaan Alat

10. Jika alat dan bahan lengkap dan sesuai dengan gambar rancangan yang dipersiapkan
6. Jika alat dan bahan lengkap tetapi kurang sesuai dengan gambar rancangan yang dipersiapkan
2. Jika alat dan bahan kurang lengkap

20. Jika rancangan terdapat gambar rancangan, alur kerja dan cara penggunaan alat yang sesuai
10. Jika rancangan terdapat gambar rancangan, alur kerja dan cara penggunaan alat tetapi kurang sesuai
5. Jika rancangan terdapat gambar rancangan, alur kerja dan cara penggunaan alat tetapi tidak lengkap
2
Produk :
a.       Bentuk Fisik





b.      Inovasi
30. Jika alat sesuai rancangan, bisa digunakan dan bentuk fisik kuat dan kokoh
20. Jika alatsesuai rancangan ,dan bisa digunakan
10. Jika alat kurang sesuai rancangan tetapi bisa digunakan

20 . Alat dibuat dari bahan yang ada lingkungan rumah, dan menarik
10. Alat dibuat dari bahan yang ada lingkungan rumah, dan disain kurang menarik
3
Laporan :
Kebermanfaatan Laporan
Sistematika Laporan
Penuisan Kesimpulan
20. Sistematika laporan sesuai dengan kriteria, isi laporan bermanfaat dan kesimpulan sesuai
10. Sistematika laporan sesuai dengan kriteria, isi laporan kurang bermanfaat, kesimpulan kurang sesuai
5. Hanya satu aspek yang terpenuhi
Total Skor
100

0 comments:

Post a Comment