Friday, 15 November 2013

PADANGAN TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL


PADANGAN TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Di era globalisasi dan kemajuan teknolgi kemajuan suatu bangsa di tentukan oleh pendidikan bangsa itu sendiri. Seiring kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi menyebabkan terjadinya ruang tanpa batas yang memungkinkan arus informasi serta hubungan antar manusia melalui dunia maya yang dapat merubah karakter suatu bangsa, apabila suatu bangsa tidak terdidik secara baik dalam penguatan karakternya. Pendidikan memang harus dapat membangun karakter, sehingga seseorang tidak mudah mengikuti arus budaya asing yang dapat merubah struktur tata nilai.
Untuk mempersiapkannya diperlukan pendidikan. Menurut UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional menurut saya belum sempurna dalam memanusiakan anak manusia menjadi manusia yang dewasa. Tujuan tentang moral peseta didik belum dijelaskan dalam tujuan nasional. Pendidikan tidak hanya menambah pengetahuan saja tetapi menambahkan pemahaman akan nilai-nilai moral sehingga anak akan menjadi dewasa dengan bantuan orang lain dan setelah dewasa akan bisa melakukan apa yang baik dan meninggalkan apa yang tidak baik. Tujuan pendidikan nasional seharusnya juga ditambahkan membentuk manusia yang dewasa sehingga bisa menjawab tantangan di era globalisasi saat ini. Kemajuan IPTEK menuntut manusia dewasa dalam menentukan apa yang baik dan jahat sehingga mencegah manusia disesaatkan oleh perkembangan zaman dan mampu menyelesaikan masalah dan persoalan dengan baik.



0 comments:

Post a Comment