Sunday, 17 November 2013

STANDAR PENILAIAN IPA


Standar Penilaian Pendidikan IPA
Standar penilaian memberikan kriteria untuk menilai kemajuan menuju visi pendidikan IPAyakni literasi sains untuk semua. Standar menggambarkan kualitas praktek penilaian yang digunakan oleh para guru dan lembaga pemerintah, untuk mengukur prestasi siswa dan kesempatan yang diberikan siswa untuk belajar IPA. Standar berfungsi sebagai panduan untuk mengembangkan penilaian, praktek, dan kebijakan pendidikan IPA. Standar penilaian pendidikan IPA dapat diterapkan untuk penilaian siswa, guru, program, untuk praktek penilaian sumatif dan formatif, dan untuk penilaian kelas serta penilaian eksternal.
Dalam visi yang dijelaskan pada Standar Pendidikan Sains Nasional USA, penilaian merupakan mekanisme umpan balik utama dalam sistem pendidikan IPA. Sebagai contoh, data penilaian memberikan umpan balik kepada siswa dengan tentang seberapa baik mereka memenuhi harapan guru dan orang tua, umpan balik kepadaguru tentang seberapa baik siswa mereka belajar. Umpan balik kepada pemerintah tentang efektivitas guru dan program pendidikan mereka. Umpan balik kepada pembuat kebijakan tentang bagaimana suatu kebijakan bekerja. Umpan balik menyebabkan perubahan dalam sistem pendidikan sains dengan merangsang perubahan kebijakan, membimbing pengembangan profesi guru, dan mendorong siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang IPA.

Proses penilaian merupakan alat yang efektif untuk mengkomunikasikan harapan sistem pendidikan IPA untuk semua yang berkepentingan dengan pendidikan IPA.Kebijakan dan pelaksanaan penilaian menyediakan definisi operasional mengenai hal-hal yang dianggap penting. Contohnya, penggunaan extended inquiry menyatakan yang harus dipelajari siswa, yang harus diajarkan oleh guru, dan di mana saja sumber belajar harus dialokasikan.

0 comments:

Post a Comment