Standar
Penilaian Pendidikan IPA
Standar penilaian memberikan kriteria untuk menilai
kemajuan menuju visi pendidikan IPAyakni literasi sains untuk semua. Standar
menggambarkan kualitas praktek penilaian yang digunakan oleh para guru dan
lembaga pemerintah, untuk mengukur prestasi siswa dan kesempatan yang diberikan siswa untuk
belajar IPA. Standar berfungsi sebagai
panduan untuk mengembangkan penilaian, praktek, dan kebijakan pendidikan IPA. Standar penilaian
pendidikan IPA
dapat diterapkan untuk penilaian siswa, guru, program, untuk praktek penilaian
sumatif dan formatif, dan untuk penilaian kelas serta penilaian eksternal.
Dalam visi yang dijelaskan pada Standar Pendidikan Sains
Nasional USA,
penilaian merupakan
mekanisme umpan balik utama dalam sistem pendidikan IPA. Sebagai contoh, data
penilaian memberikan umpan balik kepada siswa dengan tentang seberapa baik
mereka memenuhi harapan guru dan orang tua, umpan balik kepadaguru tentang seberapa baik
siswa mereka belajar. Umpan balik kepada pemerintah tentang efektivitas guru dan program
pendidikan
mereka. Umpan balik
kepada
pembuat kebijakan tentang bagaimana suatu kebijakan bekerja. Umpan balik
menyebabkan perubahan dalam sistem pendidikan sains dengan merangsang perubahan
kebijakan, membimbing pengembangan profesi guru, dan mendorong siswa untuk
meningkatkan pemahaman mereka tentang IPA.
Proses penilaian merupakan alat yang efektif untuk
mengkomunikasikan harapan sistem pendidikan IPA untuk semua yang
berkepentingan
dengan pendidikan IPA.Kebijakan dan pelaksanaan penilaian menyediakan definisi
operasional mengenai hal-hal yang dianggap penting. Contohnya, penggunaan extended inquiry menyatakan yang harus
dipelajari siswa, yang harus diajarkan oleh guru, dan di mana saja sumber
belajar harus dialokasikan.






0 comments:
Post a Comment