Sunday, 17 November 2013

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI


RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI RANCANGAN DAN HASIL PEMBUATAN TEROPONG
NILAI
 
 

NAMA            /KELOMPOK               :  .............................................................
KELAS                                     :  .............................................................
TANGGAL PENILAIAN         :  .............................................................


N0


INDIKATOR

DESKRIPTOR

SKOR
 1
Penguasaan materi yang dipresentasikan

4. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat baik                                                         

3. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan cukup baik                                                        
2. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan kurang baik                                                        
1. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat kurang baik                                                        
2
Penguasaan perancangan alat
4. Menjelaskan metode perancangan alat dengan sangat baik

3. Menjelaskan metode perancangan alat dengan cukup baik
2. Menjelaskan metode perancangan alat dengan kurang baik
1. Menjelaskan metode perancangan alat dengan sangat kurang baik
3
Simulasi pembuatan teropong
4. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara tepat dan sistematis

3. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara tepat tetapi kurang sistematis
2. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara kurang tepat dan kurang sistematis
1. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara tidak tepat dan tidak sistematis
4
Uji coba alat
4. Menunjukkan penggunaan teropong secara benar dan menghasilkan bayangan yang jelas

3. Menunjukkan penggunaan teropong secara benar dan menghasilkan bayangan yang kurang jelas
2. Menunjukkan penggunaan teropong secara kurang benar dan menghasilkan bayangan yang kurang jelas
1. Menunjukkan penggunaan teropong secara tidak benar dan menghasilkan bayangan yang tidak jelas
5
Sistematika presentasi
4. Materi presentasi disajikan secara runtut dan sistematis

3. Materi presentasi disajikan secara runtut tetapi kurang  sistematis
2. Materi presentasi disajikan secara kurang runtut dan tidak sistematis
1. Materi presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis
6
Penggunaan bahasa
4. Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami

3. Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami
2. Bahasa yang digunakan agak  sulit dipahami
1. Bahasa yang digunakan sangat sulit dipahami
7
Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi
4. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas

3. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak  jelas
2. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang  jelas
1. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak  jelas
8
Kemampuan memanfaatkan media presentasi
4. Media yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian

3. Media yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik
2. Media yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak menarik
1. Media yang dimanfaatkan tidak  jelas dan tidak  menarik
9
Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
4. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana

3. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
2. Kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
1. Sangat kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan

TOTAL  SKOR



                     Total Skor
Nilai    =   --------------------  X 100
                            24
 
                           ,                                                                    ……………,  ……...……………

Ketua Kelompok
                                                               -


-----------------------------------

0 comments:

Post a Comment