RUBRIK
PENILAIAN PRESENTASI RANCANGAN DAN HASIL PEMBUATAN TEROPONG
|
NAMA /KELOMPOK :
.............................................................
KELAS
:
.............................................................
TANGGAL PENILAIAN : .............................................................
|
N0
|
INDIKATOR
|
DESKRIPTOR
|
SKOR
|
|
1
|
Penguasaan materi yang dipresentasikan
|
4. Menunjukkan penguasaan
materi presentasi dengan sangat baik
|
|
|
3. Menunjukkan penguasaan
materi presentasi dengan cukup baik
|
|||
|
2. Menunjukkan penguasaan
materi presentasi dengan kurang baik
|
|||
|
1. Menunjukkan penguasaan
materi presentasi dengan sangat kurang baik
|
|||
|
2
|
Penguasaan perancangan alat
|
4. Menjelaskan metode perancangan alat dengan sangat
baik
|
|
|
3. Menjelaskan metode perancangan alat dengan cukup
baik
|
|||
|
2. Menjelaskan metode perancangan alat dengan kurang
baik
|
|||
|
1. Menjelaskan metode perancangan alat dengan sangat
kurang baik
|
|||
|
3
|
Simulasi pembuatan teropong
|
4. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara
tepat dan sistematis
|
|
|
3. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara
tepat tetapi kurang sistematis
|
|||
|
2. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara
kurang tepat dan kurang sistematis
|
|||
|
1. mendemonstrasikan cara pembuatan teropong secara
tidak tepat dan tidak sistematis
|
|||
|
4
|
Uji coba alat
|
4. Menunjukkan penggunaan
teropong secara benar dan menghasilkan bayangan yang jelas
|
|
|
3. Menunjukkan penggunaan
teropong secara benar dan menghasilkan bayangan yang kurang jelas
|
|||
|
2. Menunjukkan penggunaan teropong secara kurang benar
dan menghasilkan bayangan yang kurang jelas
|
|||
|
1. Menunjukkan penggunaan teropong secara tidak benar
dan menghasilkan bayangan yang tidak jelas
|
|||
|
5
|
Sistematika presentasi
|
4. Materi presentasi disajikan secara runtut dan
sistematis
|
|
|
3. Materi presentasi disajikan secara runtut tetapi
kurang sistematis
|
|||
|
2. Materi presentasi disajikan secara kurang runtut dan
tidak sistematis
|
|||
|
1. Materi presentasi disajikan secara tidak runtut dan
tidak sistematis
|
|||
|
6
|
Penggunaan bahasa
|
4. Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami
|
|
|
3. Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami
|
|||
|
2. Bahasa yang digunakan agak sulit dipahami
|
|||
|
1. Bahasa yang digunakan sangat sulit dipahami
|
|||
|
7
|
Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi
|
4. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang
tepat dan artikulasi/lafal yang jelas
|
|
|
3. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang
agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak
jelas
|
|||
|
2. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang
kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang
jelas
|
|||
|
1. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang
tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak
jelas
|
|||
|
8
|
Kemampuan memanfaatkan media presentasi
|
4. Media yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan
menunjang seluruh sajian
|
|
|
3. Media yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik
|
|||
|
2. Media yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak
menarik
|
|||
|
1. Media yang dimanfaatkan tidak jelas dan tidak menarik
|
|||
|
9
|
Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan
atau sanggahan
|
4. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan arif dan
bijaksana
|
|
|
3. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
|
|||
|
2. Kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
|
|||
|
1. Sangat kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
|
|||
|
TOTAL SKOR
|
|
||
|
Ketua Kelompok
-
-----------------------------------






0 comments:
Post a Comment